Tips-tips Sukses Mengikuti Wawancara Kerja

kerja

Wawancara atau pula dinamakan dgn interview yaitu sektor dari proses rekrutmen suatu perusahaan dalam mencari & memperoleh karyawan pas dgn kriteria yg diinginkan. Menjadi, tidak hanya kamu mesti memenuhi seluruhnya syarat, kamu serta mesti sanggup lolos step wawancara apabila mau bekerja di suatu perusahaan.

Tetapi, bagi rata-rata orang, proses wawancara ialah satu buah momok yg menakutkan. Tidak Sedikit orang yg sanggup melintasi dgn gampang step wawancara ini, tetapi ada pun yg mesti tidak sukses kepada step tes wawancara.

Buat dapat sukses & lolos mengikuti tes wawancara, ada sekian banyak tata cara mengikuti wawancara atau interview yg dapat kamu terapkan. Berikut sekian banyak diantaranya :

1. Cari Informasi Tentang Perusahaan
Carilah informasi terkait perusahaan dimana anda ingin bekerja. Semakin banyak informasi yang anda dapatkan, semakin baik. Anda bisa mencari informasi tersebut dari pada teman yang sudah atau pernah bekerja di perusahaan tersebut, atau bisa juga mencari informasi perusaan tersebut melalui internet.

2. Perkirakan Jenis Pertanyaan
Beberapa pertanyaan umum yang sering ditanyakan oleh pewawancara misalnya mengapa anda ingin bekerja di perusahaan tersebut, apa tujuan karir anda, apa rencana masa depan anda.

Anda harus terus melatih pertanyaan-pertanyaan ini dan memberikan jawaban yang ringkas dan jelas. Berlatih dengan keluarga atau teman adalah salah satu usaha penting yang bisa anda lakukan sebagai persiapan mengikuti wawancara kerja.

3. Pemilihan Pakaian
Saat mengikuti tes wawancara, kenakan pakaian formal. Pakailah pakaian yang rapi, dan juga sopan. Cobalah untuk tidak mengenakan pakaian yang tidak terlalu banyak warna, hal itu karena pakaian yang mencolok bisa mengalihkan perhatian pewawancara.

4. Datang Lebih Awal
Datang lebih awal dari jadwal wawancara akan membuat anda merasa lebih tenang saat mengikuti wawancara. Selain terburu-buru, anda juga akan mendapatkan kesan kurang baik dari pewawancara bila datang terlambat.

Karena itu, penting untuk memperkirakan waktu tempuh perjalanan dan kondisi jalan (macet atau lancar) agar anda bisa datang ke tempat wawancara kerja lebih awal.

5. Berikan Kesan Baik
Untuk memecah kebekuan dan memberikan kesan awal yang baik, saat memulai wawancara, cobalah untuk tersenyum dan menjabat tangan pewawancara. Saat menjawab pertanyaan usahakan untuk menatap ke arah pewawancara pada mata mereka.

Hal ini akan menunjukkan rasa percaya diri anda. Jangan tertawa atau tersenyum saat pewawancara mengajukan pertanyaan dengan nada serius. Anda harus bisa membaca suasana saat wawancara kerja.

6. Jangan Berbohong
Beberapa pertanyaan mungkin mengharuskan anda untuk berbohong. Namun jangan pernah lakukan hal ini karena pewawancara bisa saja menebak ketika anda tidak mengatakan yang sebenarnya.

7. Jangan Terburu-buru
Jangan terburu-buru saat menjawab pertanyaan. Dengarkan pertanyaan pewawancara sampai selesai. Setelah itu pikirkan sejenak sebelum anda menjawabnya. Bila pewawancara membuat pernyataan negatif tentang sesuatu dari jawaban anda, maka tetaplah berusaha untuk tenang. Mereka ingin melihat bagaimana reaksi anda saat wawancara.

8. Jawab Pertanyaan Dengan Baik
Jawablah pertanyaan secara langsung dengan ringkas dan jelas. Jangan bercerita panjang lebar yang tidak berhubungan langsung dengan pertanyaan pewawancara. Anda tidak perlu menjawab 100% benar, namun usahakan agar anda menjawab semua pertanyaan sebaik-baiknya dengan jujur.

(amazine.co)

Leave a Comment