Tips Mahasiswa Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris

ingg

JAKARTA – Kemampuan menguasai bahasa Inggris tak bisa dilakukan secara instan. Sayangnya, sebagian orang terlambat sadar akan pentingnya bahasa Inggris sehingga baru mulai mempelajarinya ketika sudah menjadi mahasiswa.

Tak usah khawatir, Direktur Indonesian International Education Foundation (IIEF), Diana Kartika memberikan beberapa tips belajar bahasa Inggris bagi para mahasiswa yang belum fasih. Menurut dia, cara paling mudah adalah dengan membiasakan diri menggunakan bahasa Inggris dalam kegiatan sehari-hari.

“Bahasa Inggris akan lebih mudah kalau dipakai. Kalau hanya teori, percuma. Nanti mau ngomong susah lagi,” ucapnya kepada Okezone di JW Marriott Jakarta, belum lama ini.

Tips selanjutnya yaitu perbanyak menulis. Diana menjelaskan, kemahiran berbahasa tak hanya pada komponen berbicara, tetapi juga kemampuan merangkai kalimat. Sebagai mahasiswa, kata dia, sudah seharusnya aktif menulis di berbagai media.

“Semakin sering menulis, semakin tinggi kemampuan berbahasanya. Saya sendiri termasuk orang yang kurang percaya bahwa kalau kursus jadi jago bahasa Inggris. Sebab kalau enggak dipraktikkan, ya percuma,” ujarnya.

Diana mengungkapkan, mahasiswa perlu mencari komunitas yang di dalamnya menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi. Berdasarkan pengalamannya, selama ini orang Indonesia jika berada di acara berbau internasional kurang kritis karena bingung berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris dengan baik dan nyaman.

“Sekarang kalau orang belajar ngomong pakai bahasa Inggris malah dianggap sombong, sok Inggris, dan lain sebagainya. Orang seperti itu saya rasa tak bisa memahami adanya MEA apalagi global citizen. Ingat, belajar bahasa Inggris itu jangan asal-asalan karena banyak manfaatnya,” tandasnya.

(okezone.com)

Leave a Comment