Mau Sukses Bisnis? Perlakukan Pelanggan seperti Keluarga

1613215titi-nurhayati780x390

Menggeluti bisnis tidak selamanya mudah, terkadang hambatan menghalang.

Namun, bukan berarti Anda harus menyerah ketika bisnis tengah lesu atau tidak menghasilkan keuntungan.

Tuti Nurhayati, seorang pebisnis UKM yang memproduksi boneka dengan nama Zhovy Toys mengaku pernah mengalami kegagalan dalam bisnis.

Ia mengingat, tahun 2006 silam bisnis boneka yang ditekuninya mengalami kerugian yang cukup memukulnya.

Namun, Titi memutuskan untuk tidak menyerah.

Berbekal pengalaman bisnis boneka sejak tahun 2000 hingga kini, Tuti memiliki beberapa kiat dalam menjalani bisnis.

Pertama, bisnis harus dijalankan dengan keuletan. Kalau tidak, maka bisnis akan sulit untuk berkembang.

“Kita juga harus memperlakukan pelanggan tidak hanya sebagai rekan bisnis, tapi juga sebagai keluarga. Jadi, kita bisa saling memahami, bukan hanya untuk urusan bisnis saja,” kata Tuti ketika berbincang bersama Kompas.com, Senin (8/2/2016).

Selain itu, seorang pelaku bisnis juga harus terus berinovasi dalam mengembangkan produknya.

Tuti mengakui, sebagai pelaku bisnis boneka di mana model dan preferensi konsumen dengan mudah berganti, maka ia perlu terus melakukan inovasi agar konsumen tetap berdatangan.

“Saya terus melakukan inovasi. Salah satu caranya adalah melihat internet. Saya lihat model-model boneka terus saya mencoba membuatnya,” ungkap Tuti.

Tuti menuturkan, bisnis boneka beruang Teddy Bear dan boneka satwa yang selama ini menjadi produk utamanya telah dipasarkan di kawasan Jabodetabek, Jawa Barat, bahkan hingga ke Batam, Kepulauan Riau dan Pontianak, Kalimantan Barat.

Tuti pernah mengikuti pameran produk UKM di Malaysia.

Produk boneka kreasinya pun memperoleh sambutan cukup baik, namun ia mengaku belum memiliki kapasitas produksi yang cukup untuk ekspor.

Untuk itu, targetnya saat ini adalah mengekspor boneka produksinya.

(kompas.com)

Leave a Comment