Kunci Jawaban Soal UN Bocor? Dewan Pendidikan Minta Ujian Ulang

Kunci-Jawaban-SMP-Bocor-678x355

JOMBANG – Kasus bocornya kunci jawaban soal Ujian Nasional (UN) kembali terjadi. Di Kabupaten Jombang Jawa Timur, kunci jawaban soal UN SMP 2016 beredar melalui lembaran foto copy dan diketahui dari postingan netizen di  facebook.

Karena itu, sejumlah pihak baik kalangan DPRD Jombang maupun Dewan Pendidikan (DP) setempat, miminta polisi menyeriusi munculnya kasus tersebut.

“Secara tupoksi kami ingin Dinas Pendidikan mendorong polisi untuk mengusut temuan ini. Karena faktanya ada. Mulai dari facebook, hingga lembar jawaban yang difotokopi. Mestinya polisi punya kemampuan melacak itu,” ujar Devisi Kebijakan dan Mediasi Dewan Pendidikan Jombang Sutono Abdillah.

Meski demikian, Sutono dan rekan-rekannya sejauh ini masih terus mencaritahu untuk meneliti apakan kunci jawaban soal UN SMP yang beredar itu sama dengan yang asli atau tidak.

“Hari ini, ada teman anggota Dewan Pendidikan yang ke sana (sekolah) untuk mencocokan kunci jawaban UN SMP 2016  yang ditemukan dengan soal itu. Tapi hasilnya saya belum tahu,” katanya.

Kalau benar sama antara kunci jawaban yang beredar di masyarakat itu dengan yang aslinya, maka pilihannya harus dilakukan ujian ulang.

“Rekomendasi seperti dulu, harus diulang. Dulu pernah terjadi hal seperti ini. kalau tidak salah di Jawa Tengah dan diulang. Kalau tidak diulang berarti tidak lulus semuanya,” tandasnya.

Kasus yang sama kata Sutono sebenarnya setiap UN berlangsung. Makanya pihaknya mendiring Dinas Pendidikan setempat untuk mendorong pihak kepolisian menindaklanjuti temuan tersebut.

“Kalau memang nanti hasilnya mendekati 100 persen, kunci itu memang bocoran. Seharusnya polisi lebih ngotot lagi untuk melakukan pengusutan,” terangnya.

sumber: pojoksatu.id

Leave a Comment