Karir: Cara Mencoba Karir Baru

Jika Anda stagnan dalam pekerjaan Anda saat ini, namun Anda tidak yakin Anda siap menghadapi perubahan karir yang besar, pikirkan cara untuk “mencoba” karir baru dengan komitmen yang lebih kecil. Ada dua strategi yang bisa Anda coba. Yang pertama adalah pindah ke pekerjaan yang berdekatan dengan pekerjaan yang Anda miliki, baik dengan beralih ke unit kerja baru di industri yang sama (atau bahkan di perusahaan Anda yang sama). Yang kedua adalah transisi ke jenis peran yang serupa, namun dalam industri yang sama sekali berbeda.

Untuk menentukan strategi mana dari kedua strategi ini, Anda perlu mempertimbangkan bagaimana perasaan Anda tentang pekerjaan yang Anda lakukan dan bagaimana perasaan Anda tentang di mana Anda bekerja. Anda dapat mendifinisikannya sebagai berikut:

Pekerjaan yang Anda Lakukan: Ini adalah jumlah total tanggung jawab pekerjaan Anda – tugas yang Anda selesaikan, rapat yang Anda hadiri, aktivitas yang mengisi hari Anda.

Di mana Anda Melakukan Pekerjaan Anda: Jelas, ini dimulai dengan perusahaan Anda, namun secara lebih luas, ini mencakup sektor industri dan bahkan sektor (swasta, publik, pemerintah, dll.) Organisasi tersebut. Dalam istilah yang lebih sempit, hal itu dapat menjadi bagian dari tim atau proyek tertentu. Ini bahkan bisa mencakup “tempat” harfiah – waktu dan usaha yang Anda habiskan setiap hari untuk dan dari perusahaan Anda.

Mengubah Pekerjaan yang Anda Lakukan

Jika Anda menyukai industri Anda atau, lebih baik lagi, cintai perusahaan Anda, tapi jangan menyukai pekerjaan yang Anda lakukan, pertimbangkan untuk beralih ke jenis pekerjaan yang berbeda. Ini bisa menjadi cara termudah untuk dicapai di perusahaan Anda saat ini. Dengan asumsi Anda telah tampil dengan baik dalam peran Anda saat ini, orang-orang yang sudah mengenal Anda dengan baik akan lebih bersedia memberi Anda kesempatan untuk mencoba sesuatu yang berbeda atau untuk menjamin Anda kepada tim lain. Jika itu tidak mungkin Anda masih bisa mencoba untuk mengubah peran di perusahaan lain di industri Anda. Jika Anda memiliki jaringan yang kuat, Anda mungkin memiliki seseorang yang bersedia untuk menjamin Anda atau memberi Anda kesempatan berdasarkan pengetahuan industri Anda.

Mengubah Tempat Anda Bekerja

Jika Anda menyukai pekerjaan yang Anda lakukan, tapi bukan perusahaan, membuat lompatan ke pekerjaan serupa dengan perusahaan yang berbeda – atau bahkan ke industri yang sama sekali berbeda – seringkali bukan lompatan keras. Mungkin Anda mencari pemimpin yang memiliki tujuan yang bisa Anda rasakan lebih sesuai. Atau mungkin Anda hanya menginginkan jenis budaya perusahaan yang berbeda atau perjalanan yang lebih baik. Cobalah untuk menunjukkan dengan tepat apa itu tentang perusahaan atau tim Anda yang tidak Anda sukai. Ini akan membantu mempersempit alternatif yang mungkin akan membuat Anda lebih cocok.

sumber: forbes

Leave a Comment