INSPIRASI: Merdunya Love Bird Terbangkan Omzet Puluhan Juta

terapi-lovebird

PALEMBANG – Saat ini banyak bermunculan pengusaha yang mengawalinya dari sebuah hobi. Sama halnya dengan Ary Susanto, warga Palembang yang tinggal di kawasan Talang Ratu kilometer 5, Palembang, Sumatera Selatan.

Sejak 10 tahun silam, Ary Susanto mampu mengembangkan usahanya dengan cara membudidayakan jenis burung love bird hingga mampu menghasilkan puluhan juta rupiah setiap bulannya. Pria berusia 36 tahun itu, kini menjadi jutawan sukses berkat hobinya sebagai penggemar burung kicau jenis love bird.

Dia berhasil membudidayakan puluhan pasang burung tersebut dari beragam jenis anakan. Dengan memanfaatkan halaman belakang rumahnya yang berlokasi di kawasan Talang Ratu kilometer lima Palembang.

Kemampuan Ary menjodohkan love bird mengantarkannya meraih omzet puluhan juta rupiah setiap bulannya dari hasil penjualan burung yang ia rawat. Love bird sendiri merupakan salah satu jenis burung terkecil dalam keluarga burung kakak tua.

Dengan keunikan yang terletak pada paruh bengkoknya, mampu mengeluarkan kicauan suara yang sangat merdu dan panjang. Bahkan, semakin panjang kicauannya,maka akan semakin mahal pula harga burung tersebut. Ary memanfaatkan speaker musik untuk memancing suara love bird.

Saat perjodohannya, burung ini tidak akan bertelur jika perjodohannya tidak cocok. Hal inilah yang menjadi tingkat kesulitan dalam beternak love bird dikarenakan memakan waktu lama hingga mulai seminggu hingga 20 hari.

“Kalau Love bird ini burung cinta jadi perjodohannya dengan mendekatkan dua kandang selama dua minggu ya. Ada yang enggak sukses kalau dipaksain nanti bisa berakibat pada kematian terutama burung jantan,” jelas dia.

Burung-burung love bird hasil penangkaran yang budidayakan oleh Ari ini, tidak hanya dipasarkan di kota Palembang saja. Sejumlah daerah lain seperti Lampung dan Jambi pun menjadi langganannya dan biasanya menggunakan media sosial.

Harga yang ditawarkan pun variatif, tergantung dari bibit yang dihasilkan oleh indukan love bird. Setiap bulannya biasanya Ary mampu menjual anakan love bird hingga puluhan pasang dengan kisaran harga Rp400 ribu untuk anakan biasa dan anakan juara dipatok harga Rp2,5 juta.

sumber: okezone

Leave a Comment