INSPIRASI: Manfaatkan Pekarangan untuk Budidaya Ikan Gabus

JAKARTA – Sering digunakan di industri makanan, ikan gabus kini menjadi langka bila musim kemarau tiba. Namun, berkembangnya zaman, ikan gabus kini bisa dijumpai kapan saja karena sudah bisa dikembangbiakan dan menjadi satu usaha yang menjanjikan.

ikan gabus

Ahmad Zain Wakhid, warga desa Pasar Sore, Kecamatan Maduran, Lamongan telah memanfaatkan lahan yang berada belakang rumahnya untuk membudidayakan ikan gabus. Prosesnya mulai dari pembenihan hingga ikan gabus menjadi besar.

awalnya sangat sulit untuk membudidayakan ikan gabus ini karena gabus merupakan ikan yang biasanya hidup bebas di sungai dan rawa-rawa. Bahkan ikan gabus ini sangat sulit untuk ditangkap karena gesit dan bisa melompat hingga setinggi tiga meter.

Karena itu, pria yang sudah berusia 50 tahun ini mencoba untuk melakukan budidaya ikan gabus dengan mengunakan lahannya. Agar ikan gabus tidak melompat dan hilang, lahan budidaya diberi pembatas tembok hingga empat meter lebih dan kedalaman kolamnya sekitar dua meter.

Mulai dari pembenihan hingga ikan gabus menjadi besar, membutuhkan waktu 6 hingga 7 bulan. Usia 7 bulan bisa dipanen tergantung permintaan. Untuk perawatan ikan gabus sendiri sangat sederhana, hanya memberi makan setiap hari dengan sisa-sisa makanan yang sudah difermentasi.

Hasil dari budidaya ikan gabus ini sangat menjanjikan. Sebab banyak permintaan untuk kebutuhan rumah makan atau warung di daerah sekitarnya.

Budidya seperti ini sudah dilakoni Ahmad Zain sejak beberapa tahun terakhir . Meski sulit namun dengan ketelatenannya bisa memperoleh hasil maksimal. Meski dengan modal yang sangat pas-pasan, Ahmad Zain Wakhid berusaha akan mengembangkan usahanya tersebut agar bisa meningkatkan perekonomiannya.

sumber: okezone.com

Leave a Comment