INSPIRASI: Desain Rumah Dari Sampah dan Barang Bekas

Inspirasi Desain Rumah dari Sampah dan Barang Bekas-2.2-dok.jeanpaullespagnard

Beberapa desain ini mengajarkan kita bahwa ternyata untuk membangun rumah keren itu tak harus mahal. Mungkin Anda pernah mendengar kisah Ridwan Kamil, yang mendesain rumahnya dari sampah botol bekas.

Tak berbeda dengan beliau, beberapa inspirasi desain rumah ini juga terbuat dari sampah dan barang bekas yang tidak terpakai.

Kendati dari sampah, bukan berarti rumah–rumah berikut ini bau dan kotor. Malah, bentuknya sangat menarik dan unik karena memang beda dari yang lain. Selain itu,, rumah ini juga termasuk green building karena tidak menghasilkan sampah konstruksi, tapi malah mengurangi sampah lingkungan.

Penasaran, simak inspirasi desain rumah sampah berikut ini.

1. Amerika, Sampah Kontainer

Kontainer memang bukan hal baru dalam dunia arsitektur Amerika, namun ini merupakan salah satu desain rumah kontainer yang tergolong keren. Mengusung konsep minimalis, kontainer bekas ini mampu disulap jadi hunian yang memukau.

Julio Garcia, seniman asal Amerika itu menggunakan dua buah kontainer sebagai material dasar rumah impiannya. Ditambahkan dengan dek kayu pada bagian tengah dan juga alasnya, kontainer  bekas yang tidak terpakai sukses menjadi hunian nyaman yang tampak menyatu dengan alam.

Meski cuma terbuat dari kontainer usang yang didapat dari pelabuhan, hunian yang berlokasi di Savanah, Amerika Serikat itu memiliki interior mewah di dalamnya. Sebagai gambaran, di Indonesia kontainer bekas banyak dijual dengan harga sekitar Rp 60 jutaan, tergantung ukuran dan kualitasnya.

2. Perancis, Sampah Kayu

Jean Paul Lespagnard membangun sebuah rumah kecil berukuran 5×5 dengan material bekas sampah kayu. Meski tidak terlalu besar, namun Paul sukses membuat sampah jadi sesuatu yang lebih bermanfaat.

Didesain menyatu dengan pohon, Paul ternyata berkolaborasi dengan Ethan Hayes-Chute dalam membuat rumah kayu yang terdiri dari dua tingkat tersebut. Di sisi lain, Ethan mengaku sangat senang dan tertarik membantu Paul dalam merealisasikan rumah garapannya.

3. Texas, Sampah dan Tulang

Dan Philip, pengembang asal Texas ingin membuktikan bahwa rumah yang keren itu tak harus mahal, dan bahkan bisa diciptakan dari barang sederhana ataupun bekas. Dari situ, Dan menggunakan keramik pecah serta cermin beka.

Untuk aksesoris dan furnitur ruangan seperti kursi, handle pintu, dan meja, ia menggunakan, ia menggunakan tulang belulang yang didapatnya dari peternakan sekitar. Hasilnya, rumah nyentrik ini pun sukses dibangun. Sekilas rumah ini mengusung konsep industrial yang tengah populer belakangan ini.

(kontan.co.id)

Leave a Comment