Ini 5 Ancaman Kejahatan Cyber bagi Bisnis Online

cyber

Jakarta – Ancaman keamanan di dunia maya kian berkembang. Namun, di satu sisi, kesadaran pengguna Internet untuk melindungi data-data mereka di ranah online semakin meningkat pula. Banyak lembaga menyadari kebutuhan akan strategi keamanan cyber yang mampu menangani risiko-risiko yang mengancam bisnis mereka.

Dalam konferensi pers yang diselenggarakan di Raffles Hotel, Jakarta Selatan, Selasa, 10 Mei 2016, Manager Field System Engineer Web Fraud Protection Andre Iswanto menyebutkan lima ancaman cyber yang paling umum bagi bisnis online.

1. MALWARE

Malware merupakan alat yang paling sering dimanfaatkan kriminal di seluruh dunia untuk mendapatkan akses pada sistem dan data rahasia. Dalam bisnis online, modus operandi ini kerap disusupkan ke laman situs e-commerce untuk mencuri data para pelanggan.


2. SERANGAN APLIKASI

Menggunakan kredensial dan informasi curian, serangan ini mampu menargetkan celah-celah keamanan di dalam aplikasi web, terutama pada situse-commerce dan perbankan. Biasanya pelanggan akan diarahkan pada situs web palsu yang dapat menyedot informasi pribadi. Data inilah yang kerap digunakan oleh penjahat cyber.


3. SERANGAN BOTNET

Ini adalah skema yang cukup canggih. Dengan memanfaatkan serangan bruteforce serta algoritma dan botnet yang canggih, para penjahat cyberberusaha mencuri berbagai data transaksi milik korban, lalu menjualnya secara online.

4. ANCAMAN ORANG DALAM

Ancaman di dalam perusahaan sendiri juga banyak terjadi. Akses masuk ke dalam situs perusahaan yang tidak begitu aman memudahkan penjahat mengakses berbagai data rahasia perusahaan melalui akun karyawan.


5. SERBUAN TRAFIK

Jenis serangan melalui trafik yang besar ini kerap dimanfaatkan para penjahat cyber untuk membuat sistem jaringan suatu web kewalahan. Jenis serangan ini merupakan yang paling umum dilakukan penjahat cyber.

(tempo.co)

2 Comments

  1. internet memang ada dampak buruknya dan itulah resikonya

  2. Panduan SEO says:

    Inilah juga yang saya takutkan mas.

Leave a Comment