5 Tips Sukses Bangun Bisnis Online Anda

bisnis online

Memiliki bisnis yang sukses adalah impian yang dimiliki sebagian besar dari kamu. Ditambah lagi dengan teknologi canggih, bisnis bisa dimulai kapan saja dan dimana saja. Bisnis online  menjadi pilihan utama anak muda saat ini untuk memulai start-up karena tidak memerlukan modal yang besar.

Simak tips berikut ini bagi Sobat Opera yang ingin memulai bisnis online :

  • Rencanakan konsep dengan matang.

Pikirkan hal yang kamu sukai dan memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi sebuah bisnis. Lakukan analisa dari sisi industri yang ingin digeluti, sumber daya yang kamu punya, dan siapa saja kompetitornya.

  • Pilih rekan kerja yang berpengalaman.

Rekan kerja memiliki pengaruh yang besar dalam menentukan kesuksesan bisnis kamu, Sobat Opera. Ajaklah rekanan yang punya pengalaman di bidang manajemen, keuangan, atau pemasaran, dan diskusikan secara detail rencana bisnis, sistem kerja dan pelayanan, serta alur keuangan.

  • Siapkan logistik untuk operasional bisnis.

Bisnis online bisa dimulai dari rumah, Sobat Opera. Siapkan peralatan sederhana untuk menunjang aktivitas operasional sehari-hari, terutama laptop, mobile device, dan koneksi Internet. Opera Browser juga wajib ada di desktop kamu nih, supaya aktivitas bisnis online jadi lebih efisien dengan memanfaatkan fitur sidebar extensions, untuk tetap update pada hal yang diperlukan seperti cek kurs mata uang, dan dapat berkonsentrasi membaca artikel seputar tips membangun bisnis yang sukses sekaligus. Manfaatkan modal yang kamu telah dialokasikan untuk membangun bisnis inti.

  • Gunakan media sosial untuk sarana promosi.

Produk atau jasa kamu sudah siap go-public? Optimalkan media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, atau Pinterest untuk memperkenalkan bisnis kamu ke target konsumen. Manfaatkan fitur Speed Dial di Opera Mini untuk akses lebih cepat ke media sosial dan tetap up-to-date saat kamu berpergian.

  • Bangun relasi yang baik dengan pelanggan.

Memiliki pelanggan yang loyal adalah salah satu tanda kesuksesan bisnis kamu. Ciptakan hubungan yang baik dan dekat dengan pelanggan, berikan respon yang tepat saat menerima komplain, dan berikan pelayanan sesuai visi-misi bisnis kamu.

Leave a Comment

  • rails
  • ruby