5 Tips Agar Tidak Tertipu Saat Melamar Kerja

add

Di Indonesia sendiri kini memperoleh pekerjaan sangat sulit. Satu posisi pekerjaan bisa diperebutkan oleh puluhan orang. Tentunya para pelamar juga mencari perusahaan terkenal dan memiliki prospek kesuksesan yang tinggi.

Namun sayang, hal ini malah dimanfaatkan oleh para oknum untuk modus penipuan. Mereka memanfaatkan para pencari kerja agar mendaftar di perusahaan palsu. Untuk itu, ada beberapa tips agar kamu tidak tertipu ketika mencari pekerjaan.

Dimulai dari email. Perhatikan email pengirim yang menyatakan kamu diterima di perusahaan yang kamu tuju. Jika email itu adalah email perusahaan, boleh kamu percaya. Tapi, jika emailnya bukan email perusahaan, sebaiknya selidiki terlebih dahulu, apalagi jika emailnya adalah milik individu.

Inilah tips agar tidak tertipu saat perekrutan pekerjaan :
  1. Harus Membeli Tiket Pesawat dan Adanya Uang Akomodasi Pribadi

    Jika kamu tiba-tiba mendapatkan undangan dari perusahaan yang pernah kamu kirimi lamaran pekerjaan untuk mengikuti training di suatu tempat dan mengharuskanmu membeli tiket akomodasi pulang pergi dari suatu biro travel tertentu, bisa jadi ini penipuan.

    Malahan, jika kamu mendaftar di posisi manajer, perusahaanlah yang akan menanggung akomodasi mu dari awal sampai akhir.

  2. Alamat Email Pengirim bukan Email Resmi Perusahaan

    Perhatikan email pengirim yang menyatakan kamu diterima di perusahaan yang kamu tuju. Jika email itu adalah email perusahaan, boleh kamu percaya. Tapi, jika emailnya bukan email perusahaan, sebaiknya selidiki terlebih dahulu, apalagi jika emailnya adalah milik individu.

  3. Kop Surat tidak Mencantumkan Nomor Telepon

    Jika pada kop surat tidak ada nomor teleponnya, itu bisa dipastikan penipuan. Tapi jika ada nomor telepon dan alamat juga tercantum, teliti ulang. Coba lacak alamat dan nomor telepon tersebut, apakah benar milik perusahaan yang kamu tuju atau tidak.

  4. Lokasi Tes Berbeda dengan Lokasi Perusahaan

    Jika tes yang diadakan perusahaan yang kamu tuju itu jauh dari lokasi perusahaan yang kamu tujua, kamu patut waspada. Hal inilah yang sering terjad pada para pelamar kerja, karena mereka sudah frustasi tidak memperoleh pekerjaan sehingga mereka tidak curiga dengan hal seperti ini.

  5. Pada Surat Undangan Tipuan, Cap Perusahaan yang Ditunjukkan adalah Logo Perusahaan

    Pada bagian tanda tangan jika bukan tipuan adalah cap resmi perusahaan, bukan logo dari perusahaan.

Jadi, hati-hati ya dengan maraknya modus penipuan seperti ini. Tetaplah jeli dan jangan terlampau senang dulu jika diterima bekerja di suatu tempat. Telitilah lebih dalam ketika kamu dinyatakan diterima di suatu perusahaan, jangan langsung terima mentah-mentah.
(viva.co.id)

Leave a Comment