3 Kunci Sukses Pascalulus Kuliah

lulus

Kelulusan merupakan gerbang seseorang untuk memasuki dunia kerja. Di era persaingan saat ini, lulusan perguruan tinggi tak cukup memperoleh IPK tinggi saja. Mereka juga wajib mempersiapkan kemampuan atau skill di samping pengetahuan yang sudah dimiliki.

Rektor Universitas Tarumanagara, Prof Ir Roesdiman Soegiarso, MSc, PhD, dalam sambutan acara wisuda Untar ke-67 menyampaikan, setidaknya ada tiga hal yang harus ditanamkan kepada masing-masing wisudawan dalam berkarya di dunia luar kampus.

“Pertama, jadilah orang yang dinamis dan visioner. Apabila Saudara belum memiliki mimpi dalam hidup, ambil waktu untuk berdoa meminta bimbingan pada Tuhan untuk memberikan visi sesuai dengan passion yang dimiliki,” ucapnya di Plenary Hall Jakarta Convention Center, Kamis (12/5/2016).

Kunci yang kedua, tutur Roesdiman, yakni menjadi pribadi yang bersahabat dengan teknologi, khususnya teknologi informasi atau dikenal dengan IT. Sebab, tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini dunia dikuasai oleh teknologi.

“Akan tetapi jangan terlalu tenggelam atau terperangkap dalam kemajuan ini, melainkan kita harus berlayar di atas arus gelombang teknologi. Kita gunakan teknologi untuk mendorong karier dalam mencapai visi kita masing-masing,” paparnya.

Sedangkan yang ketiga, setiap lulusan harus menjadi seorang pekerja keras. Menurut Roesdiman, semangat pantang menyerah akan menjadi fondasi kuat bagi setiap lulusan dalam membangun kariernya.

“Saya mengenal dan menyaksikan alumni Untar yang sukses dan melihat bagaimana mereka bekerja keras dan membangun dari kegagalan. Semangat tidak menyerah itulah yang membuat mereka berhasil,” pungkasnya.

(okezone.com)

Leave a Comment